Utamakan Takwa
11 March 2022 - Dibuat oleh : Ustadz Agil Pradana, Lc.
Utamakan Takwa

 

Sebagai seorang muslim takwa adalah sebuah keharusan. Takwa bermakna melindungi diri dari siksa api neraka dengan menjalani seluruh perintah Allah dan Rasul-Nya serta menjauhi seluruh larangan Allah dan Rasul-Nya. Menjalankan perintahnya seperti mengesakan-Nya, salat lima waktu, dan berbakti kepada orang tua. Menjauhi larangannya seperti menyekutukan-Nya, durhaka kepada orang tua, dan bermalas-malasan

 

Banyak sekali ayat dalam Al-Quran yang memerintahkan kita untuk bertakwa. Bahkan takwa termasuk hal  yang paling banyak banyak disebutkan di dalam Al-Quran. Tidak kurang dari 240 kali penyebutan di dalam Al-Quran baik dalam bentuk perintah, keutamaan, manfaat, pujian terhadap orang yang bertakwa, maupun ancaman dan celaan bagi orang yang tidak bertakwa. Hal ini menunjukan betapa pentingnya ketakwaan bagi seorang muslim karena takwa adalah poros agama Islam, asas yang mana hukum-hukum syariat dibangun diatasnya, bahkan takwa adalah pokok dari semua ajaran yang Allah turunkan dan wasiat seluruh nabi-nabi. Allah ﷻ berfirman :

 

‌وَلَقَدۡ ‌وَصَّيۡنَا ‌ٱلَّذِينَ ‌أُوتُواْ ‌ٱلۡكِتَٰبَ ‌مِن ‌قَبۡلِكُمۡ ‌وَإِيَّاكُمۡ أَنِ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ

“Dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepada kamu; bertakwalah kepada Allah.” (QS. An-Nisa: 131)

 

Dengan takwa lah kemuliaan yang hakiki didapat. Allah ﷻ berfirman:

 

‌إِنَّ ‌أَكۡرَمَكُمۡ ‌عِندَ ‌ٱللَّهِ ‌أَتۡقَىٰكُمۡۚ

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu.” (QS. Al-Hujurat: 13)

 

Dan hanya dengan takwa lah seorang dapat memasuki surga Allah. Allah ﷻ berfirman:

 

وَسَارِعُوٓاْ ‌إِلَىٰ ‌مَغۡفِرَةٖ ‌مِّن ‌رَّبِّكُمۡ ‌وَجَنَّةٍ ‌عَرۡضُهَا ‌ٱلسَّمَٰوَٰتُ ‌وَٱلۡأَرۡضُ ‌أُعِدَّتۡ ‌لِلۡمُتَّقِينَ 

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imron: 133)

 

Oleh karena itu takwa sangat penting sehingga kita harus selalu bertakwa dimanapun dan kapanpun.

 

Sumber

Buku ajar Hadis dan Doa kelas 8 SMP Islam El-Rasyad dengan sedikit perubahan.